Poros Seni dan Budaya Bali

Thursday, 5 July 2018

MENINGKATKAN PENGETAHUAN SENI BUDAYA BALI, DESA PAKRAMAN DI ABIANTUWUNG MELAKSANAKAN PASRAMAN


Ngulat Klangsah Pada Pasraman Desa Pakraman Dalem Hyang Api 
Pelestarian adat dan budaya didasari nilai agama hindu hendaknya selalu menjadi semangat dalam membina generasi muda. Hal ini pula yang berusaha dibangun Desa Abiantuwung melalui kegiatan pasraman. Desa pakraman yang berada di wilayah Desa Abiantuwung, Kediri Tabanan, secara berkelanjuta melaksanakan kegiatan pesraman. Peserta pasraman pada masing-masing desa pakraman berbeda-beda. Seperti halnya di Desa Pakraman Dalem Hyang Api yang melibatkan peserta siswa sekolah. Melalui kegiatan pesraman, siswa diberikan materi mengenai seni, agama dan adat budaya Bali  sehingga  kedepan generasi muda  memiliki etika dan budi pakerti yang luhur. Pasraman diisi beragam kegiatan diantaranya, magending Bali, maulat-ulatan, majejahitan, masatua Bali, menari, membuat sate upakara dan juga kegiatan yoga. Instruktur kegiatan melibatkan tokoh agama setempat dan juga Penyuluh Bahasa Bali Desa Abiantuwung. Kegiatan yang difokuskan di halaman pura dalem Desa Pakraman Dalem Hyang Api, berlangsung penuh keceriaan, dengan konsep maplalianan sambil malajah. Terwujudnya pasraman bagi anak-anak di Desa Pakraman Dalem Hyang Api menjadi ajang berbagai kegiatan seni adat dan budaya. Keberadaan pasraman sekaligus meningkatkan pengetahuan dan kecintaan anak-anak terhadap adat budaya seni dan agama.

image host
Kegiatan Yoga Pada Pasraman Dalem Hyang Api
Lain halnya dengan kegiatan pasraman yang dilaksanakan di Desa Pakraman Kelaci Kaja, Desa Abiantuwung. Pasraman ditujukan untuk ibu-ibu pkk dan juga yowana desa setempat. Kegiatan pasraman di Desa Pakraman Kelaci Kaja dipusatkan di bale banjar setempat. Pasraman diisi dengan beragam kegiatan diantaranya latihan dharmagita untuk ibu-ibu PKK dan yowana diisi kegiatan maulat-ulatan dan majejahitan.
image host
Dharmagita Ibu-Ibu PKK Kelaci Kaja

Selain itu, kegiatan pasraman juga dilaksanakan di desa pakraman Kelaci Kelod di pusatkan di pura desa puseh desa adat Kelaci Kelod dengan peserta anak-anak. kegiatan.

Pasraman Desa Pakraman Kelaci Kelod
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Loloh Aman

PHOTO-2019-03-19-13-56-39 Numbas loloh durus ring Loloh AMAN, antuk Tlp/Wa 083114722726