Poros Seni dan Budaya Bali

Sunday, 10 March 2019

DESA PERINGSARI MELAKSANAKAN UPACARA MANUSA YADNYA MASSAL GRATIS

Metatah, Pawiwahan dan Otonan Massal di Kantor Desa Peringsari 11/03/2019

Perbekelan Desa Peringsari, Kecamatan Selat, Karangasem, melaksanakan upacara metatah, pawiwahan dan otonan massal gratis, pada Soma Kliwon Uye, Senin 11/3/2019, bertempat di kantor perbekelan setempat.
Upacara metatah, pawiwahan dan otonan massal yang diprakarsai oleh Perbekelan Desa Peringsari, merupakan pelaksaan upacara yang baru pertama kali dilaksanakan oleh Desa Pering Sari. Menurut Perbekel Desa Peringsari, I Wayan Bawa,  kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Pemerintahan Desa Peringsari untuk meringankan beban masyarakat dalam kaitannya dengan pelaksanaan upacara yadnya. Selain itu, langkah ini merupakan sebagai upaya untuk meningkatkan rasa kebersamaan wargsa Desa Peringsari. 
Pelaksanaan upacara massal ini disambut baik dan dengan antusias oleh masyarakat setempat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengikuti prosesi upacara. Untuk pelaksaan upacara metatah diikuti 186 peserta, pawiwahan 12 pasang peserta dan upacara otonan dengan 162 peserta, serta dipuput 3 orang sulinggih, diantaranya Ida Pandita dari Gria Lusuh, Ida sri Bhagawan Wrhaspati dari Gria Padangaji. 
Pelaksanaan upacara manusa yadnya massal Desa Peringsari juga diiringi dengan tetabuhan, topeng dan sesolahan wali topeng sidakarya. 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Loloh Aman

PHOTO-2019-03-19-13-56-39 Numbas loloh durus ring Loloh AMAN, antuk Tlp/Wa 083114722726