Poros Seni dan Budaya Bali

Wednesday, 19 June 2019

Peluncuran Superhero Remaja “Luh Ayu Manik Mas” dengan kisah barunya: Ngae Perpustakaan Keliling

Sukses dengan peluncuran tokoh superhero remaja “Luh Ayu Manik Mas” di Bali dengan kisah pertamanya: Tresna Ring Alas (Mencintai Hutan) yang ditulis oleh I Made Sugianto, kali ini Luh Ayu Manik Mas hadir kembali dengan kisah baru yang tak kalah serunya. Kisah terbarunya berjudul: Ngae Perpustakaan Keliling (Membuat Perpustakaan Keliling), ditulis oleh Ni Made Ari Dwijayanthi dan tim BASAbali Wiki. Informasi tak kalah penting berikutnya adalah kini kita dapat berinteraksi langsung dengan Luh Ayu Manik Mas melalui akun twitter-nya @LuhAyuManikMas1.
Luh Ayu Manik Mas adalah seorang Prawireng Putri Bali (remaja pahlawan super) yang mendapat anugerah kekuatan untuk dapat menjaga keselarasan lingkungan alam dan sosial budaya. Dalam kesehariannya ia adalah remaja putri kelas 8 yang bernama Luh Ayu Manik. Kisah dan karakter pahlawan super Luh Ayu Manik Mas ini dihadirkan untuk menginspirasi kesadaran literasi, kepedulian lingkungan dan sosial, serta pemberdayaan perempuan generasi muda.
Luh Ayu Manik Mas merupakan sosok remaja pahlawan super pertama yang dikembangkan dari hasil interaksi dengan masyarakat. Melalui dukungan Twitter, Luh Ayu Manik Mas dapat berkomunikasi langsung dengan publik. Dari proses komunikasi yang terjadi diharapkan dapat menginsipirasi dan menggugah pemikiran kritis generasi muda agar aktif melakukan aksi nyata untuk perbaikan kondisi lingkungan dan kehidupan sosial. Luh Ayu Manik Mas mengajak publik untuk membincangkan segala persoalan lingkungan dan sosial dalam bahasa ibunya, yaitu bahasa Bali. Namun, dengan senang hati ia juga meladeni perbincangan dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
Sosok Luh Ayu Manik Mas akan terus dikembangkan bersama kisah-kisahnya berdasarkan masukan-masukan masyarakat. Hasil masukan masyarakat selanjutnya diolah sekelompok tim yang terdiri dari penulis, illustrator, editor, dan pakar bahasa, lalu mengembangkannya menjadi sebuah buku cerita bergambar. Setiap kisahnya akan disusun penulis yang berbeda untuk menciptakan banyak kesempatan bagi para penulis lokal menulis dalam bahasa Bali.
Karakter Luh Ayu Manik Mas adalah hasil kerja kreatif tim BASAbali, sebuah kolaborasi nirlaba yang berupaya menjaga kelestarian alam dan budaya Bali. Tiga kisah pertama Luh Ayu Manik Mas mendapat dukungan pendanaan dari Asia Foundation's Let's Read Program.
Ingin membaca kisah-kisah Luh Ayu Manik Mas secara utuh? Dapatkan secara gratis di Asia Foundation Let’s Read Program (https://reader.letsreadasia.org). Selain itu, terdapat lebih dari 75 buku anak-anak lainnya dalam bahasa Bali dan bahasa Asia lainnya di platform online ini. Tiga kisah Luh Ayu Manik Mas ini juga akan ditampilkan dalam The Asia Foundation’s six week Let’s Read Aloud Challenge yang menyatukan orang-orang di seluruh Indonesia untuk membaca nyaring bersama 200.000 anak. Ayo bergabung dalam tantangan ini dengan memberi tagar #AyoBacaNyaring di media sosial serta kunjungi www.ayobacanyaring.org.
Kisah Luh Ayu Manik juga tersedia secara gratis di kamus dan perpustakaan virtual BASAbali Wiki (https://dictionary.basabali.org), yaitu pada rak buku anak-anak. Pada bagian ini para pembaca bisa mengunduh buku secara gratis. Para pembaca juga diundang untuk menulis ulasan buku serta mengirimkan video terkait.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Loloh Aman

PHOTO-2019-03-19-13-56-39 Numbas loloh durus ring Loloh AMAN, antuk Tlp/Wa 083114722726